seleksi AFS berbagi pengalaman

hei, para pembaca!
mau berbagi pengalaman aja nih. kan kemaren saya ikut tes afs gitu tentang pertukaran pelajar, ya doain ya biar keterima, hehe
untuk yang bakal tes tahun depan nih ada pengalaman saya.
     mulai dari persentasi langsung ke sekolah-sekolah. di persentasi kamu bakal dapet gambaran bagaimana program ini berlangsung, bagaimana peraturannya, bagaimana seleksinya. nah disini kamu tanya aja segalanya yang kamu belum tahu tentang program ini.
     yang saya tahu, ini program di bantu sama organisasi bina antar budaya di indonesia mah.nah entar ada pilihan program, ada program untuk ke amerika, ada yang ke jepang, ada juga ke eropa. kalo yang ke amerika sama ke jepang sih katanya gratis. kalo yang ke eropa ada sumbangan dari kita dananya.. pertukaran pelajar ini umumnya selama 11 bulan, katanya ada yang cuma 2 minggu yang short program tapi ga tau masih ada engga.
     nah setelah ada persentase kayak gitu, saya kan diajarin sama guru ppl bahasa inggris. aslinya sih ga mau ikut seleksi gara-gara saya juga tau kemampuan saya (payah) hehe. tapi guru itu bilang ikut aja walau cuma nyobain. soalnya kan afs ini cuma setahun sekali itu juga cuma untuk kelas 1 SMA. ya dengan penuh percaya diri saya ikut, yang penting usaha, walau entar juga ALLAH yang menakdirkan.
     yap lanjut, akhirnya saya daftar sebagai calon peserta seleksi AFS ini, wuuu bayarnya lumayan juga sih, tapi yaudahlah demi usaha. pendaftaran cuma dibuka jumat sabtu minggu di aria jipang.. nah dari situ dikasih tau harus apa aja yang harus disiapin untuk berkas administrasi yang bakal dikumpulin. kan dikasih password gitu ya di aria jipang, nah harus daftar online juga. waktunya cuma nyampe tanggal yang telah ditetapin, yaitu seminggu setelah itu.
     akhirnya saya mulai nyiapin berkas-berkasnya. dari mulai legalisir beli map, cetak foto dll. saya deg degan. soalnya kan saya dulu SMP di bogor nah di syarat administrasinya harus ngumpulin foto kopi SKHUAS yang telah di legalisir, foto kopi 2 ato 3 Ijasah yang udah dilegalisir gitu. nah saya kan ga mungkin balik ke bogor dalam waktu seminggu. tapi untung aja dulu saya minta ijasah sama SKHUAS lebih banyak dari pada anak-anak lain, hehe. soalnya dulu saya nyiapin tes ke SMA SBI di kota Bandung. ya walaupun saya gagal. tapi kegagalan bukan akhir segalanya 8-) amin
     Nah setelah lengkap administrasi saya akhirnya ngumpulin syarat admnistrasinya. ternyata QR code nya harus diganti sama yang lebih baru. yasudah akhirnya saya pun ke warnet di beberapa tempat yang makin ke ujung dago kalo ga salah. tapi setelah coba login ternyata ga bisa login, yasudah saya kembali ke aria jipang memberi tahu ke kakak-kakak volunteernya kalo ga bisa login. dan akhirnya dibantuin sama adminnya, alhamdulillah. akhirnya bisa nyetak kartu peserta dengan QR code yang baru.
     beberapa lama kemudian setelah pengumpulan terjadilah tes seleksi. buat kalian yang pengen nyoba ikutan di tahun depan harus baca yang banyak, bukan cuma nasional, bahkan internasional juga harus dibaca. ada sih beberapa materi pelajaran kayak matematika geografi gitu, tapi tenang aja asal belajar yang bener mah bisa kejawab kalo soal pelajaran kayak gitu. nah lanjut soal yang nonpelajaran yaitu tentang wawasan nasional dan internasional. kamu harus baca atlas, tuh ada soal-soal kayak nama-nama tempat di Indonesia misal bandaranya. ada lagi yang saya inget tuh tentang jumlah tim yang ikut ISL. loh?? tapi ya memang ada kok. ada juga tentang peraih nobel, tentang PBB, tentang hot issue, tentang tempat terkenal di dunia, peraih grammy award. tapi ya banyak baca aja ya. ga rugi kok banyak tau wawasan yang mendunia juga.terus ada juga entar tes bahasa inggrisnya, sama nulis essai make bahasa indonesia. ya sudahlah yang penting belajar yang bener aja ya, sama baca-baca lagi tentang wawasan nasional dan internasional..
Semoga bermanfaat, sekalian doain saya juga ya biar lolos.. hehe 
yang penting udah usaha.. kan kita juga bisa tahu entar tentang budaya negara lain. dan negara lain juga harus tahu budaya kita.. Ayo siapkan diri di era globalisasi ini!!


Prepared Unprepared We must Prepared!!
keep the grey spirit :)
For Indonesia


Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Priyo Wicaksono Production - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger